Senin, 07 Mei 2012


1.    Generalisasi, periodisasi dan kronologi.
a)      Generalisasi
Generalisasi adalah usaha penyimpulan dari khusus ke umum dengan tujuan untuk saintifikasi dan simplifikasi. Salah satu bentuk generalisasi adalah periodisasi

b)      Periodisasi
Periodesasi adalah pemenggalan kurun waktu yang hendak diteliti agar permasalahan yang hendak di ungkapkan menjadi lebih jelas dan komprehensif. Oleh karena itu dalam menentukan cakupan waktu mulai dari tahun ini sampai ke tahun itu atau mulai abad ini sampai ke abad itu, melainkan harus bertolak dari suatu argumentasi yang di dasari oleh-oleh alasan tertentu yang rasional yang relevansinya sangat erat dengan permasalahan yang hendak diungkapkan atau ditulis. Apabila argumentasinya tidak jelas atau lemah maka akan terjadi kerancuan ini sering disebut  anakronisme sejarah.
c)      Kronologi
Kronologi berasal dari kata Kronik. Kata  Kronik ditemukan dalam sejarah dinasti-dinasti kerajaan  cina. Kronik merupakan kumpulan tulisan-tulisan tentang perjalanan seorang musafir, pujangga, atau pendeta. Mereka memang terbiasa menulis suatu peristiwa kejadian atau hal-hal baru yang ditemukandalam pengembaraan mereka. Kronologi adalah urutan waktu yang tersusun sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Penempatan  urutan waktu yang tepat sangat penting dalam karya sejarah. Dalam historiografi tradisional yang bersifat  Kraton Sentris ( untuk memuja raja atau pemerintah yang berkuasa). Sering kali masalah kronologi ini diabaikan.
Ayo Berfikir kawan…
Di bawah ini adalah kronologi sejarah Indonesia. Jelaskan peristiwa-peristiwa penting yang kalian ingat dari periode waktu tersebut.

  i.            Zaman Prasejarah
ii.            Awal M - 1500 M
iii.            1500 M - 1800 M
iv.            1800 M - 1900 M
v.            1900 M – 1942 M
vi.            1942 M – 1984 M


Tidak ada komentar:

Posting Komentar